TUGAS BHS INGGRIS (menerjemahkan)
PENELITIAN DESKRIPTIF
Penelitian deskriptif melibatkan pengumpulan data untuk menguji hipotesis atau menjawab pertanyaan mengenai status subjek penelitian. Penelitian deskriptif menyimpulkan dan melaporkan situasi yang benar terjadi.
Salah satu ciri umum dari penelitian deskriptif yaitu melibatkan penilain sikap atau pendapat terhadap kondisi individu, organisasi, peristiwa, atau tatacara; poling sebelum pemilu dan survei penelitian pasar adalah contoh dari salah satu jenis penelitian deskriptif. Data deskriptif yaitu data yang dikumpulkan melalui survei kuesioner, wawancara atau observasi. Penelitian deskriptif terdengar sangat sederhana, sebenarnya jauh dari sederhana, namun bukan hanya sekedar bertanya dan melaporkan jawaban. Sejak awal dalam penyusunan pertanyaan yang diajukan adalah pertanyaan yang belum pernah ditanyakan sebelumnya, instrumen biasanya harus dikembangkan sesuai dengan penelitian tertentu, pengembangan instrumen membutuhkan waktu dan ketrampilan. Masalah utama yang lebih rumit dalam penelitian deskriptif adalah kurangnya respon-kesalahan dari subjek untuk mengembalikan kuesioner atau menghadiri wawancara yang telah dijadwalkan. Jika tingkat respon rendah, kesimpulan yang sebenarnya tidak dapat ditarik. Sebagai contoh, misalnya Anda sedang meneliti untuk menentukan sikap kepala sekolah terhadap penelitian. Anda mengirim kuesioner kepada 100 Kepala sekolah dan bertanya,"Apakah Anda biasanya bekerja sama jika diminta untuk berpartisipasi dalam kegiatan penelitian? Misalkan 40 Kepala sekolah merespon dan mereka semua menjawab "ya". Bisakah Anda kemudian menyimpulkan seluruh Kepala sekolah bekerja sama? Tentu tidak! Meskipun semua orang yang menanggapi menyatakan "ya", 60 Kepala Sekolah itu yang tidak menanggapi mungkin tidak pernah bekerja sama dalam kegiatan penelitian. Akhirnya mereka tidak bekerja sama dengan Anda! Pengamatan penelitian juga memiliki kompleksitas yang tidak nampak. Pengamatan harus dilatih dan format harus dikembangkan sehingga data akan dikumpulkan secara obyektif dan dapat dipercaya. Berikut ini adalah contoh pertanyaan khusus wawancara menurut kegiatan penelitian deskriptif: 1. Bagaimana guru kelas dua menghabiskan waktu mereka? Guru-guru kelas dua akan diamati untuk jangka waktu tertentu dan hasilnya akan disajikan dalam prosentase, misalnya, 60% dari waktu mereka dihabiskan untuk mengajar, 20% bertanya atau menjawab pertanyaan, disiplin administrasi 10% dan 10% mengerjakan tugas administrasi, seperti mengumpulkan uang susu. 2. Bagaimana kemungkinan pilihan suara warga Yortown dalam pemilihan presiden mendatang? Sebuah survei dilakukan kepa`da warga Yortown yang akan memilih dengan (kuesioner atau wawancara), dan hasilnya akan disajikan dalam prosentase, misalnya, 70% mengindikasikan mereka akan memilih Peter Murni, 20% untuk Graft George, dan 10% ragu-ragu. 3. Bagaimana pendapat orangtua tentang pembagian-pergeseran hari sekolah? Orang tua akan disurvei dan hasilnya akan disajikan dalam bentuk prosentase untuk mengetahui berapa yang menolak, atau ragu-ragu.